5.000 Rumah Dapat Sambungan Gratis Jaringan Air Bersih PDAM Sukabumi


JABARKU.CO.ID | Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menggratiskan 5.000 kuota pemasangan baru sumber air bersih kepada warga masyarakat, melalui Program Sambungan Mandiri. Ini upaya memperluas jangkauan air bersih kepada warga yang terus dilakukan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi.

“Pada tahap awal ini Perumdam TJM membuka program pemasangan sambungan rumah gratis tahun 2024, bagi warga yang belum terlayani air PDAM. Program ini dari segi pendaftaran lebih mudah dibanding program masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang diinisiasi pemerintah pusat. Masyarakat pada saat pendaftaran hanya melampirkan syarat berupa KTP dan menunjukan pemakaian daya listrik maksimal 1.300 VA.” Ungkap
Iyus Sugiarto Direktur Teknik Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi.

Iyus menjelaskan, kalau (program) MBR pemerintah pusat, pemasangan harus serentak, dalam artian setelah semua didata dan diverifikasi dari wilayah, keluar surat perintah kerja atau berita acara untuk bisa dipasang. Sementara untuk program sambungan mandiri, hari ini daftar, besok lusa ada potensi bisa dipasang,” katanya, Rabu (17/1/2024).

Iyus berharap dengan program sambungan mandiri dapat mendukung agenda pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam menyediakan fasilitas air bersih bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Orogram pemasangan sambungan PDAM gratis ini adalah program baru yang bersinergi dengan pemerintah daerah melalui Perumdam TJM sebagai operator menjalankan dan mengaplikasikan program-program pemerintah, ini diperuntukan untuk rumah tangga dan sosial, tidak berlaku untuk industri,” tambah Iyus.

Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan air bersih tanpa ada pungutan biaya pemasangan, masyarakat hanya diminta uang jaminan pemakaian untuk dua bulan ke depan dan persyaratan-persyaratan tertentu yang lebih ringan,” jelasnya.

Reporter : Reni

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!