Kepala Desa di Magelang Tersangka Korupsi Aset Desa, Diduga Rugikan Negara Hampir 1 Miliar Rupiah


Petugas Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang membawa Kepala Desa yang dikenal dengan inisial IS (67) pada hari Jumat, tanggal 19 April 2024

Jabarku.co.id – Seorang kepala desa di Kabupaten Magelang, berinisial IS (67), Magelang, 19 April 2024, ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang. IS diduga terlibat dalam tindak pidana korupsi terkait pemanfaatan aset desa, khususnya tanah bengkok, dari tahun 2017 hingga 2022.

Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang, melalui Kepala Zein Yusri Munggaran, mengonfirmasi tersingkirnya IS, yang menetap di Kades Krinjing, Kecamatan Dukun. Tindakan hukum tersebut dilakukan berdasarkan hasil penyidikan yang dilakukan oleh pihak yang berwenang.

Berdasarkan auditor perhitungan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, diperkirakan kerugian negara akibat tindak korupsi ini mencapai Rp924.299.900,00. IS mengancam pada ancaman hukuman berat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang dapat mencapai 20 tahun penjara atau bahkan hukuman seumur hidup.

Tindakan hukum ini menegaskan komitmen pemerintah dalam anggota korupsi, serta menegaskan bahwa tidak ada yang melanggar pertanggungjawaban hukum, termasuk pejabat desa.

Kades berinisial IS (67) digiring petugas Kejari Kabupaten Magelang, Jumat (19/4/2024). Diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam pemanfaatan aset desa berupa tanah bengkok desa dari tahun 2017 hingga 2022.

(merah.jbr)

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!