Kolaborasi Kelompok Tani Peringati Hari Gunung Internasional 2023, Menjaga Pegunungan untuk Kesejahteraan dan Keberlanjutan.


JABARKU.CO.ID | – Dalam rangka memperingati Hari Gunung Internasional, Kelompok Tani Hutan Giri Catur dan Mina Tani Desa Cisalada bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pegunungan bagi kehidupan. Acara kolaboratif ini diadakan di Kampung Cukanggaleuh, Desa Cisalada, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kamis (14/12/23).

Dalam era yang semakin berkembang ini, perhatian terhadap pentingnya pegunungan semakin meningkat. Dalam upaya untuk melindungi dan memanfaatkan pegunungan dengan bijak, Kelompok Tani Hutan Giri Catur dan Mina Tani Desa Cisalada bersatu untuk merayakan Hari Gunung Internasional.

Haidin Deni Supriadi, yang bertindak sebagai pelaksana kegiatan, menjelaskan bahwa tujuan utama peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pegunungan bagi kehidupan sehari-hari. Selain itu, mereka juga ingin melihat peluang dan kendala dalam pengembangan pegunungan. Dalam semangat “Ayo Jaya dan Lestarikan Gunung untuk Kesejahteraan,” mereka berharap dapat mendekati Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2024 dengan damai dan sukses.

Kelompok Tani Hutan Giri Catur, Mina Tani Desa Cisalada

Dalam acara ini, mereka menekankan penolakan terhadap kekerasan, anarkis, intoleransi, hoaks, dan isu sara demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan damai. Kolaborasi ini juga melibatkan ketua Kelompok Tani dari Desa Cisalada, Mulyadi, yang menjelaskan bahwa pegunungan adalah sumber keanekaragaman hayati dunia dan menyediakan air tawar bagi separuh umat manusia. Oleh karena itu, menjaga dan melestarikan pegunungan di area Gunung Salak sangat penting untuk memastikan pasokan air tawar yang memadai bagi jutaan manusia.

Ketua KTH Giri Catur dan PKSM (Penyuluh Kesehatan Swadaya Masyarakat), Ridwan alias Brutus, berharap bahwa peringatan Hari Gunung Internasional ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga alam, terutama pegunungan. Dalam deklarasi tahun 2003 sebagai Tahun Pegunungan Internasional, mereka ingin menekankan pentingnya peran pegunungan dalam keberlanjutan lingkungan.

Peringatan Hari Gunung Internasional ini menjadi momen penting untuk mengajak semua pihak terlibat dalam menjaga dan melestarikan pegunungan. Dengan kolaborasi antara Kelompok Tani Hutan Giri Catur, Mina Tani Desa Cisalada, dan masyarakat setempat, diharapkan kesadaran akan pentingnya pegunungan semakin meningkat dan langkah-langkah konkret dapat diambil untuk menjaga keberlanjutan alam.

Dalam acara ini, juga diadakan berbagai kegiatan seperti diskusi, lokakarya, dan kegiatan sosial untuk melibatkan masyarakat secara aktif. Semua pihak berharap bahwa melalui kolaborasi ini, pegunungan dapat terjaga dengan baik untuk kesejahteraan dan keberlanjutan masa depan. Tuturnya.

Team Red.

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!