KPU Kabupaten Sukabumi Siapkan 4.310 TPS untuk Pilkada Serentak 2024 Fokus Aksesibilitas dan Partisipasi Masyarakat


JABARKU.CO.ID | SUKABUMI
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi telah menetapkan sebanyak 4.310 tempat pemungutan suara (TPS) untuk memfasilitasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sukabumi tahun 2024. Keputusan ini diambil untuk memastikan seluruh wilayah, termasuk yang terpencil, dapat mengakses proses demokrasi dengan mudah.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Kasmin Belle, mengungkapkan bahwa TPS yang tersebar di 47 kecamatan dan 381 desa serta lima kelurahan, dirancang agar dapat dijangkau oleh seluruh warga pemilih. Meskipun beberapa daerah terpencil memerlukan akses tambahan seperti menggunakan perahu untuk mengantarkan logistik, KPU telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan aksesibilitas ini tidak menjadi hambatan.

“Peran penting panitia pemilihan kecamatan (PPK) sangat diperlukan untuk memastikan proses pilkada berlangsung lancar dan aman,” ujar Kasmin. Dia menambahkan bahwa meskipun jumlah TPS untuk Pilkada kali ini mengalami penurunan sebesar 55,7% dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya, hal ini tidak menjadi kendala signifikan karena kesadaran masyarakat akan pentingnya memilih pemimpin lokal lebih tinggi.

Lebih lanjut, anggaran yang dialokasikan untuk pilkada dimanfaatkan secara efektif, termasuk untuk sosialisasi guna meningkatkan partisipasi pemilih. Harapannya, partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 ini dapat melampaui angka sebelumnya, mencapai minimal 77%.

Dengan demikian, KPU Kabupaten Sukabumi bersama PPK memastikan bahwa seluruh persiapan terkait pilkada berjalan sesuai rencana untuk mewujudkan proses demokrasi yang berkualitas dan partisipatif di tingkat lokal.

(Tim.jbr)

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!