Menumbuhkan Karakter dan Mental Siswa Lewat Shalat Dhuha Berjamaah


Jabarku.co.id – Pendidikan karakter dalam sebuah lembaga pendidikan sangat penting dan dibutuhkan, di mana tujuan utama pendidikan bukanlah pengetahuan tapi penampilan atau tindakan.

Oleh karena itu Pendidikan karakter diharapkan mampu menghasilkan dan menampilkan generasi yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi memiliki kecerdasan emosional dan spiritual.

Seperti halnya SDN Cipunagara, Desa Cisurat Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang mempunyai salah satu program rutinitas sholat Dhuha setiap hari Jumat untuk menumbuhkan dan membentuk karakter disiplin peserta didik melalui pembiasaan shalat dhuha di sekolah,” Ungkap Kepala Sekolah Maman, S.Pd.,M.M.Pd saat di temui tim JabarKu di ruang kerjanya.

Maman melanjutkan, Untuk membentuk pribadi berkarakter tersebut dapat melalui kebiasaan-kebiasaan yang baik dan bermanfaat yang dilakukan secara berulang-ulang, hari demi hari yang lamban laun akan masuk pada bagian pribadinya yang sulit ditinggalkan.

Shalat dhuha merupakan salah satu shalat sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan. berusaha menjaga perkembangan peserta didiknya untuk meningkatkan kualitas keimanan, akhlak,” ungkap maman

Pembiasaan shalat dhuha dilakukan agar peserta didik terbiasa melakukanya. Kemudian akan ketagihan dan menjadi tradisi yang sulit untuk ditinggalkan dalam hidupnya sehingga pesreta didik memiliki karakter yang disiplin dari pembiasaan shalat dhuha yang dilakukan di sekolah.

Karakter disiplin mempunyai nilai yang sangat penting untuk membentuk pribadi peserta didik yang taat aturan tata tertib sekolah. Jika seluruh warga sekolah menerapkan disiplin dengan baik, hal ini akan menjadi wujud suatu kehidupan yang disiplin yang baik di sekolah yang berimbas di kehidupan masyarakat pada umumnya.

Dengan diadakannya pembiasaan seperti ini, diharapkan akan terbentuk nilai-nilai karakter dari peserta didik yang disiplin dan juga menjaga perkembangan peserta didiknya untuk meningkatkan kualitas keimanan serta akhlak.

Team Red.

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!