Otsuka Dukung Lomba Kampung Bersih dan Sehat Piala Kepala Desa Yang Bertema “Kampungku Bersih Keluargaku Sehat”


SUKABUMI | Jabarku.co.id

Lomba Kampung Bersih dan Sehat yang bertema “Kampungku Bersih Keluargaku Sehat” kini digelar di Desa Kutajaya RT. 07 & RT 06 RW. 04 Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Minggu, (3/12/2023). Lomba ini berlangsung selama 2 bulan, sejak Desember 2023 – Januari 2024, diikuti 26 kelompok peserta, dimana setiap kelompok terdiri dari 4-7 rumah.

Lomba yang digagas Bank Sampah SEHATI bersama Kader Posyandu dan Bidan Pembina Desa Kutajaya, Kesling Puskesmas Cicurug serta didukung Pemerintah Desa Kutajaya ini bertujuan membangun perilaku dan kemandirian masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga serta membangkitkan semangat gotong royong.

Bank Sampah SEHATI merupakah salah satu program yang didukung dan dibina PT Amerta Indah Otsuka. Bank Sampah SEHATI adalah bagian dari Program Ecovillage yang ditujukan mengembangkan perilaku masyarakat dalam mengelola sampah, dalam payung program besar Otsuka Blue Planet.
“Dimana kegiatan ini adalah pilot project sebagai lomba yang pertama kali dijalankan dan diharapkan berhasil sebagai upaya penanganan permasalahan sampah di hulu yaitu ada di wilayah kita masing masing.

Permasalahan sampah menjadi fokus seluruh komponen masyarakat mulai dari pemerintah hingga kita yang setiap harinya menghasilkan sampah. Oleh karena itu kegiatan ini melibatkan masyarakat langsung dan didukung banyak pihak,” ujar Ketua Bank Sampah SEHATI Desa Kuta Jaya yang akrab di sapa Agus Bagal.

Lomba ini juga, kata dia, memberikan pemahaman mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang benar, mulai memiliah sampah, memanfaatkan sampah baik di lingkungan rumah atau pemukiman. Sehingga, bisa menjadi salah satu upaya pengurangan sampah di wilayah desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Untuk selanjutnya, bisa menjaga kestabilan lingkungan dan membuat kesehatan masyarakat dapat terjaga.

“Permasalahan sampah saat ini sudah menjadi isu global, dan perlu penanganan serius dan bisa kita lakukan semua jajaran baik masyarakat maupun dunia usaha, Kami dan masyarakat sangat bersyukur mendapat dari dukungan dari PT Amerta Indah Otsuka dan Pemerintah Desa Kutajya” katanya.
Dirinya berharap, penanganan sampah melalui kegiatan rutin dan menjadi kebiasaan dilaksanakan konsisten oleh masyarakat.
“Kita bisa budayakan pengelolaan sampah untuk kedepannya,” tandasnya.

Redaktur : Vo

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!