Pemekaran Kabupaten Bogor Barat dan Bogor Timur Akan Mendapat Lampu Hijau, Cek Peta Terbaru!


Jabarku.co.id | Bogor – Kabupaten Bogor bersiap untuk berubah wajah! Pemekaran wilayah menjadi Kabupaten Bogor Barat dan Bogor Timur telah mencapai tahap akhir. Peta baru yang menggambarkan pembagian wilayah sudah tersedia dan tinggal menunggu proses persetujuan resmi.

Kabupaten Bogor yang jumlah penduduknya mencapai 5,57 juta jiwa menurut data BPS 2022, sudah terlalu padat. Untuk mengatasi tantangan ini, pemekaran menjadi solusi yang diusulkan.

Dengan luas semula 2.986 kilometer persegi dan 40 Kecamatan, wilayah ini akan disusutkan menjadi 1.085 kilometer persegi, dengan 19 kecamatan, 175 desa, dan 19 kelurahan.

Peta Pemekaran Kabupaten Bogor Barat dan Timur

Harapan akan pelayanan publik yang lebih baik dan pembangunan yang merata menjadi alasan di balik usulan pemekaran ini. Kabupaten Bogor akan terbagi menjadi dua: Bogor Barat dan Bogor Timur.

Kabupaten Bogor Timur akan meliputi 7 kecamatan, dengan ibu kota di Kecamatan Jonggol. Sementara Bogor Barat akan terdiri dari 14 kecamatan dengan ibu kota di Cigudeg.

Meskipun pemekaran ini telah mencapai tahap final di tingkat provinsi, proses persetujuan nasional masih menunggu lampu hijau dari presiden. Namun proses ini terhambat oleh kebijakan moratorium pemekaran wilayah yang masih berlaku.

Selain Bogor, beberapa wilayah lain seperti Kalimantan Tengah juga mengajukan pemekaran wilayah, menandakan perubahan besar dalam peta administrasi Indonesia. (alif_jbr)

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!