Pengesahan Raperda Kemitraan Usaha Perkebunan Jadi Perda Disetujui oleh Bupati dan DPRD Sukabumi


Pengesahan Raperda Kemitraan Usaha Perkebunan Jadi Perda Disetujui oleh Bupati dan DPRD Sukabumi

Jabarku.co.id – Bupati Marwan Hamami bersama pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi telah menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) mengenai kemitraan usaha perkebunan. Setelah dibahas oleh Komisi III DPRD dan Pemerintah Daerah, serta mendapat fasilitasi dari Provinsi Jawa Barat, persetujuan bersama ditandangani dalam berita acara Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi ke-1 pada Senin (18/3/2024), yang dipimpin oleh Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi, Anjak Priatama Sukma menjelaskan bahwa Perda tentang kemitraan usaha perkebunan ini bertujuan untuk mengatur hubungan antara masyarakat sekitar perkebunan dengan perusahaan perkebunan. Anjak menegaskan bahwa Peraturan Daerah ini tidak bertujuan untuk mengatur konflik kepemilikan antara perusahaan dengan masyarakat, melainkan mendorong terjadinya kemitraan antara perusahaan pemilik perkebunan dengan masyarakat dalam memanfaatkan lahan perkebunan yang ada.

Menurut Anjak, Peraturan Daerah ini memberikan kepastian hukum bagi perusahaan perkebunan dan masyarakat dalam membangun kemitraan yang saling menguntungkan. Oleh karena itu, Komisi III DPRD menyampaikan laporan hasil kajian dan pembahasan atas Raperda tersebut dan menyatakan bahwa Raperda ini telah memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan serta disepakati bersama antara DPRD dan Pemerintah Daerah. Sehingga dapat ditetapkan menjadi Perda.

Anjak mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya atas kontribusi pemikiran dan tenaga untuk melakukan pembahasan dan penyempurnaan terhadap Raperda ini.

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!