Pesawat Garuda Indonesia Livery POCARI SWEAT Bentuk Komitmen Kedua Brand Dukung Sport Tourism di Indonesia


Jabarku.co.id | Jakarta, 2 Februari 2024 – POCARI SWEAT, Garuda Indonesia, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI meluncurkan kolaborasi melalui kampanye #SweatToDiscover untuk mendukung perkembangan Sport Tourism di Indonesia. Kampanye ini adalah implementasi nyata untuk terus mengajak masyarakat Indonesia lebih sehat, dengan berkeringat dan berolahraga, sambil menjelajahi alam dan budaya yang sangat beragam di Indonesia.

Hadir sebagai narasumber dalam konferensi pers yang dibawakan Melanie Putria di Hanggar GMF AeroAsia milik Garuda Indonesia, Bapak Vinsensius Jemadu selaku Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia; Bapak Irfan Setiaputra, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk.; dan Ibu Puspita Winawati selaku Direktur Marketing PT Amerta Indah Otsuka.
Puspita Winawati menyampaikan, “Dengan membawa pesan Sweat to Discover, kami ingin mendukung masyarakat Indonesia untuk lebih sehat, jangan takut berkeringat, bergerak aktif, dan berolahraga, sambil discovering – menjelajahi keindahan alam dan budaya yang sangat beragam di Indonesia ini. Oleh karena itu, kolaborasi dengan Garuda Indonesia pada kampanye #SweatToDiscover hadir. Sesuai dengan yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia akan besarnya potensi Sport Tourism di tanah air, kolaborasi ini juga merupakan bagian dari dukungan kami kepada pemerintah akan perkembangan Sport Tourism di Indonesia.”
Vinsensius Jemadu selaku Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (events) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengatakan, “Pertumbuhan sport tourism di Indonesia memiliki potensi yang begitu besar dan bisa mencapai Rp 18,79 triliun di tahun ini. Kolaborasi sinergis antara Pemerintah, BUMN, serta swasta menjadi kunci untuk optimalisasi pertumbuhan Sport Tourism adalah langkah nyata untuk memajukan pariwisata Indonesia.”

Garuda Indonesia melihat pertumbuhan yang signifikan dari komunitas olahraga sebagai salah satu penggerak pariwisata yang lebih berkelanjutan. “Kolaborasi ini merupakan wujud komitmen kami sebagai maskapai penerbangan pembawa identitas bangsa dalam menopang dan mendukung keberlanjutan pariwisata nasional pasca pandemi yang salah satunya digerakkan melalui berbagai bentuk sport tourism sebagai salah satu pangsa pasar yang memiliki potensi menjanjikan untuk dikembangkan mengingat banyaknya komunitas olahraga yang saat ini semakin berkembang dan selalu menginginkan petualangan baru dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata unggulan di Indonesia,” kata Irfan Setiaputra selaku Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk.

Kolaborasi untuk mendukung Sport Tourism ini juga menghadirkan pengalaman penerbangan spesial dengan livery khusus POCARI SWEAT pada pesawat BOEING 737-800NG milik Garuda Indonesia. Irfan menambahkan, “Pesawat kolaborasi ini akan terbang perdana di tanggal 3 Februari 2024 ke salah satu rute destinasi favorit untuk wisata Sport Tourism Indonesia, yaitu Batam. Pesawat ini nantinya akan digunakan untuk melayani berbagai penerbangan baik untuk rute-rute domestik maupun untuk rute-rute internasional.”

Momen penerbangan perdana di 3 Februari juga menjadi momen spesial karena bertepatan dengan hari ulang tahun PT Amerta Indah Otsuka ke 27 tahun. Para penumpang Garuda Indonesia nantinya bisa merasakan POCARI SWEAT di dalam pesawat karena kandungan ion di dalamnya dapat membantu cegah dehidrasi selama perjalanan di dalam pesawat. “Hal ini sesuai denan misi perusahaan Otsuka untuk berkontribusi terhadap kesehatan yang lebih baik, dengan menghadirkan POCARI SWEAT untuk para penumpang Garuda Indonesia. Kandungan ion di dalamnya dapat bantu cegah dehidrasi selama perjalanan di dalam pesawat,” tutup Wina.

Garuda Indonesia menjadi salah satu mitra strategis untuk POCARI SWEAT dengan menjadi official airline melalui kegiatan POCARI SWEAT RUN dan Sport Tourism yang akan melibatkan puluhan ribu pelari dan sport enthusiast dari seluruh Indonesia sebagai salah satu rangkaian pada kolaborasi ini di tahun 2024.

—Selesai—

Tentang PT Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat)
POCARI SWEAT adalah minuman isotonik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setiap harinya. Diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1989 dalam kemasan kaleng 330 ml, dan kemudian tahun 2001 untuk kemasan sachet berisi serbuk 15 gr. Saat ini, ada beberapa varian kemasan POCARI SWEAT yaitu kaleng 330mL, sachet 13 gr, botol PET 350mL, 500mL, 900mL, dan 2L.

Komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan ion yang seimbang sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa. Mengonsumsi POCARI SWEAT dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, POCARI SWEAT alami dan terukur, yaitu dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, pemanis buatan, soda, dan kafein sehingga dapat dikonsumsi oleh siapa saja dan kapan saja untuk mencegah dehidrasi. Dengan kelebihan tersebut, POCARI SWEAT dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.

KENAPA PERLU POCARI SWEAT?
Apapun aktivitas yang kita lakukan, baik itu di rumah maupun di kantor, tubuh kita pasti akan mengeluarkan keringat, misalnya ketika kita melakukan pekerjaan sehari-hari seperti memasak, menyetrika, membersihkan rumah, ataupun bekerja di dalam maupun di luar ruangan. Bekerja di ruangan ber-AC seperti di gedung perkantoran juga membuat tubuh kita kehilangan cairan tubuh yaitu melalui pernafasan, urin, dan penguapan melalui kulit. Bahkan ketika sedang tidur, tubuh akan tetap mengeluarkan cairan sebanyak 350 ml dimana 1/3 bagian hilang melalui pernafasan dan 2/3 bagian hilang melalui penguapan dari kulit yang diserap oleh kasur, seprai, dan lain-lain. Jika kulit mulai terasa kering itulah tanda bahwa tubuh kita kekurangan cairan. POCARI SWEAT dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang ini karena komposisinya mirip dengan cairan tubuh.

Tubuh kita paling banyak kehilangan cairan jika kita melakukan aktivitas yang berat ataupun berolahraga. Saat berolahraga, baik melakukan olahraga ringan maupun berat, tubuh akan kehilangan banyak cairan, apalagi jika cuaca panas, kehilangan cairan akan lebih banyak lagi. Jika kehilangan ini tidak diganti maka suhu tubuh akan meningkat dan tubuh akan lebih mudah lelah. Menurut penelitian dehidrasi membuat tubuh lebih cepat lelah. Cairan tubuh juga berfungsi mengatur suhu tubuh, termasuk menormalkan kembali suhu tubuh yang meningkat, dengan cara mengeluarkan keringat. Tubuh yang dehidrasi akan kehilangan kemampuannya untuk mengatur suhu tubuh dan hal ini dapat berakibat fatal. Itulah sebabnya, di saat demam, tubuh pun memerlukan cairan tubuh yang cukup agar suhu tubuh dapat terus terjaga keseimbangannya.

Cairan tubuh memiliki arti sangat penting untuk menjaga kesehatan karena itu kekurangan cairan tubuh sedapat mungkin harus dihindari. Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang inilah diperlukan minuman isotonik seperti POCARI SWEAT yang telah teruji aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang, POCARI SWEAT juga dapat menjaga osmolaritas cairan tubuh.

MENGAPA KITA PERLU MINUMAN ISOTONIK ?
Cairan tubuh kita terdiri dari air dan ion, sehingga pada saat kita kehilangan cairan tubuh, artinya kita kehilangan tidak hanya air, tapi juga ion tubuh. Ion memiliki peranan penting dalam mencegah terjadinya kelelahan pada otot (muscle fatigue). Salah satu penyebab kelelahan adalah terhambatnya glikolisis atau pemecahan glikogen (simpanan glikogen) menjadi tenaga. Seharusnya asam laktat dapat digunakan sebagai cadangan tenaga, namun karena tubuh kurang cairan, proses perubahan itu menjadi terganggu.

Minuman isotonik memiliki tekanan cairan yang sama dengan cairan tubuh sehingga sel-sel tubuh kita bisa selalu dalam keadaan homeostasis. Sel tubuh kita dalam lingkungan yang berbeda; hipotonik, isotonik, dan hipertonik, akan memiliki kondisi yang berbeda pula. Bentuk sel yang paling baik adalah dalam kondisi yang isotonik, dimana dalam kondisi di lingkungan hipotonik sel akan membengkak dan pecah dan sebaliknya di lingkungan yang hipertonik sel akan mengerut dan mati. Selain itu, kandungan ion di dalam minuman isotonik dapat membantu tubuh untuk menahan cairan lebih lama sehingga tubuh tidak mudah dehidrasi.

Team Red

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!