PKBM RATU CIPTA MADANI KEMBANGKAN POTENSI SDM MASYARAKAT


Jabarku.co.id – Tujuan Pusat kegiatan Belajar masyarakat( PKBM) sudah barang tentu guna membantu dalam  mengurangi angka buta huruf, meningkatkan kualitas kerja masyarakat, mendorong kesetaraan pendidikan, dan memberikan kesempatan kepada individu untuk meningkatkan kualitas hidup mereka yaitu untuk para warga belajar (WB).

PKBM sendiri  bertujuan pula dalam memperluas kesempatan warga masyarakat, khususnya yang tidak mampu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperlukan dalam mengembangkan diri, dan bekerja guna mencari nafkah.

Defenisi PKBM adalah pusat kegiatan belajar masyarakat adalah sebuah lembaga pendidikan yang diselenggrakan di luar sistem pendidikan formal, dan diarahkan untuk masyarakat pedesaan dan perkotaan dengan dikelola oleh masyarakat itu sendiri, serta memberi kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan berbagai model pembelajaran dengan tujuan mengembangkan kemampuan dan keterampilan masyarakat agar mampu meningkatkan kualitas hidupnya.

PKBM merupakan tempat berbagai kegiatan pembelajaran yang dibutuhkan oleh masyarakat sesuai dengan minat, dan kebutuhannya dengan pendekatan pendidikan berbasis masyarakat.

PKBM merupakan sebuah lembaga pendidikan bentukan masyarakat, yang dikelola dan dikembangkan oleh masyarakat itu sendiri dengan tujuan untuk memberikan kebutuhan pelayanan pendidikan terhadap masyarakat.

Disamping itu,PKBM sebagai sumber informasi berisi berbagai jenis program pembelajaran yang berguna terutama dalam peningkatan kemampuan dalam bidang keterampilan fungsional yang berorientasi pada pemberdayaan potensi masyarakat setempat melalui pendekatan pendidikan berbasis masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap masyarakat dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya.

Seperti halnya pusat kegiatan Belajar masyarakat Ratu Cipta Mdani yang beralamat daerah Bojongenteng kecamatan Bojonhgenteng, kabupaten sukabumi, jawa barat, telah banyak pencetak para generasi penerus bangsa dalam mengojlog sumber Daya manusia(SDM) masyarakat guan mengenyam Ilmu Pendidikan. Sugianto,S.pdi., selaku Ketua Pengelola PKBM Ratu Cipta Mandiri,kepada Awak media(juma’at/29/24) Mengatakan” PKBM Ratu Cipta Mandiri ini selain melakukan kegiatan belajar.
Pihak PKBM Ratu Cipta Mandani menyediakan kursus Tata busana, dan pembelajaranb komputer bagi para WB tersebu”, ungkap Sugianto.

PKBM Ratu Cipta Madani ini dalam melakukan kegitan Belajarnya dilakukan setiap hari minggu selain belajar di kantor sekretariat, dan juga menyebar di beberap lokasi atau tempat.(****).

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!