Ragam Kuliner Khas Bangka Belitung, Serba Seafood!


Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi di Sumatera yang kawasannya berupa kepulauan dan terkenal sama lautannya yang mempesona. Selain jadi destinasi wisata, lautan di Bangka Belitung juga punya potensi hasil laut yang melimpah, lho Nggak heran kalau kuliner khas Bangka Belitung didominasi sama olahan ikan laut.

Yup, Bangka Belitung emang punya banyak kuliner yang terbuat dari hasil laut, mulai dari ikan, cumi-cumi, udang, dan lain sebagainya. Kalau kepo, simak nih kuliner khas Bangka Belitung berikut ini, Superfriends.

Sup Kepiting Jagung

Sesuai namanya, makanan yang satu ini terbuat dari jagung manis dan daging kepiting yang diolah jadi sup yang lezat. Selain dua bahan utama tersebut, bahan-bahan lain yang dibutuhin buat bikin sup kepiting jagung yaitu asparagus, tepung maizena, bawang putih, mentega, merica, gula pasir, dan garam. Rasa gurih dan sedikit manis dari jagungnya bikin penikmat sup kepiting jagung nggak bisa ngelupain kelezatannya.

Lempah

Lempah merupakan makanan khas Bangka Belitung yang punya dua jenis, yaitu lempah darat dan lempah kuning. Lempah darat terbuat dari bahan-bahan yang berada di daratan, kayak rebung, umbut nanas, kelasi, umbut kelapa, jamur, mentimun, kacang panjang, dan pisang muda. Sementara lempah kuning terbuat dari bahan hewani, seperti ikan, ayam, sampai rusuk sapi.

Cumi Kukus Isi Tahu

Makanan yang satu ini merupakan perpaduan dari protein hewani dan protein nabati. Namanya cumi kukus isi tahu. Bagian tubuh cumi diisi sama tahu yang dihaluskan bareng telur dan beberapa bumbu rempah, kemudian dikukus sampai matang. Cumi kukus isi tahu biasa disajiin bareng kuah yang terbuat dari bawang merah, tomat, cabe besar, bawang bombay, gulai pasir, dan garam.

Mangut Pari

Sekilas, mangut pari mirip sama gulai ikan. Bedanya, makanan yang satu ini berbahan dasar ikan pari. Bumbunya pun nggak jauh beda dari bumbu gulai, kayak lengkuas, kunyit, jahe, kemiri, cabe rawit merah, cabe besar, terasi, asam jawa, bawang putih, bawang merah, minyak sayur, daun salam, dan serai.

Kecalok

Kecalok merupakan olahan fermentasi udang rebon, garam, dan gula aren. Di daerah lain, kayak Kalimantan Barat dan Riau, kecalok biasa disebut dengan cicalok. Biasanya, kecalok jadi bahan campuran sambal buat nambah dari gurih dari rebon. Kecalok cocok banget jadi oleh-oleh yang harus lo beli saat traveling ke Bangka Belitung karena dijual dalam bentuk kemasan.

Itu tadi beberapa makanan khas Bangka Belitung. Tertarik nyobain yang mana nih, Superfriends? (arpd)

sumber: https://www.superlive.id/superadventure/superadventure-news/ragam-kuliner-khas-bangka-belitung-serba-seafood

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!