Rekayasa Lalu Lintas Contraflow Diaktifkan untuk Kelancaran Arus Mudik di Tol Jakarta-Cikampek


Jabarku.co.id | Menyongsong masa mudik Lebaran tahun 2024, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat lonjakan jumlah mobil pribadi yang melintasi Jabodetabek, mencapai 1.3308.366 unit kendaraan pada H-1 Lebaran.

Dalam menghadapi peningkatan arus kendaraan, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) mengambil langkah tegas dengan menerapkan rekayasa lalu lintas contraflow di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Rekayasa ini, yang mengizinkan pengguna jalan untuk menggunakan sebagian jalur dari arah sebaliknya, bertujuan untuk mengurai kemacetan dan memastikan kelancaran arus mudik ke arah Cikampek.

Ria Marlinda Paallo, Vice President Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, menjelaskan bahwa kontraflow ini aktif mulai KM 55 hingga KM 65, satu lajur arah Cikampek di ruas Jalan Tol Jakarta – Cikampek, dimulai pada pukul 11.10 WIB.

Selain itu, pengguna jalan juga diimbau untuk mempersiapkan e-Money yang cukup untuk pembayaran tol serta memastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan.

Imbauan untuk mengisi bahan bakar sebelumnya juga ditekankan, sambil membawa bekal untuk menghindari kemacetan di rest area.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan tidak hanya kelancaran arus mudik yang terwujud, namun juga peningkatan efisiensi pembayaran tol melalui e-toll, serta kesiapan pengemudi dalam menghadapi perjalanan jarak jauh.

Untuk informasi perjalanan terkini, pengguna jalan tol dapat mengunduh aplikasi Travoy 4.2 atau menghubungi one call center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080.

Dengan demikian, diharapkan perjalanan masyarakat pada periode arus balik Lebaran dapat berlangsung dengan lancar dan aman.

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!