Tim Jorelat Adakan Audiensi Dengan Dinas Perikanan, Ada Apa?


Sukabumi – Jabarku.co.id

Tim Jorelat Kabupaten Sukabumi adakan audiensi dengan Dinas Perikanan Dinas Perikanan yang di hadiri Sekdis Perikanan Sri Padmoko dan para Kabid serta staff bertempat di kantor Dinas, Jalan Raya Cisolok KM 11. Cimaja, Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa 31/10/2023.

Ada beberapa hal penting yang di pertanyakan Tim Jorelat kepada Dinas Perikanan. antar lain, terkait transparansi publik, Balai Benih Ikan (BBI) Talaga, serta Program Ikan Masuk Rumah (IMAH) dll.

Arif peserta Audien dari tim Jorelat merasa kecewa dengan ketidakhadiran Nunung Nurhayati Kepala Dinas Perikanan, karena pada prinsipnya Kepala Dinas secara kedinasan leading sektor nya kan ada di Kepala Dinas, disini kami justru ingin mengukur kapabilitas, kredibilitas dan kemampuan memimpin SKPD dinas Perikanan dalam merealisasikan Reformasi Birokrasi dalam Keterbukaan informasi Publik.

Bagaimana masyarakat/publik dapat melakukan kontrol sosial sementara Sekdis Sri Pat Moko mengakui ada kekurangan dari Diskan untuk pengelolaan website mereka belum punya tenaga khusus untuk menampung dan mengelola data yang akan menjadi informasi, kan ini lucu dinas tidak punya tenaga khusus di bidang website.”ungkap Arif salah satu yang ikut audiens

“Seharusnya ketika ada hak publik mengenai Informasi program yang tidak lengkap seharusnya mereka mengindahkan terhadap UU yang berlaku.

Lanjut Arif saat ditanya soal pembangunan kolam Balai Benih Ikan (BBI) Talaga yang baru sekitar satu tahun sudah mulai rusak, Sekdis mengakui dan merasa kecewa dengan pembangunan tersebut, namun di tahun 2023 ini Dinas Perikanan membangun lagi empat kolam BBI di lahan yang sama.

Tidak hanya itu, Program Ikan Masuk Rumah (IMAH) yang sering di laksanakan setiap acara stunting yang di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi sering di lakukan, namun saat di tanya anggarannya Sekdis mengatakan IMAH itu bukan program tapi itu hanya sebagai inovasi Bu Kadis, anggaran nya melalui proposal, dengan lantang Sekdis menegaskan IMAH itu bukan program Dinas Perikanan, di RPJMD Perikanan tidak ada IMAH, itu inovasinya Ibu Kadis waktu sekolah untuk menyusun suatu Proposal langkah strategis atas isu terkini, IMAH itu hanya Program selap selip.

Nandang peserta audiensi lainnya berharap, jangan sampai program Ikan Masuk Rumah (IMAH) ini menjadi (SOIMAH) nantinya Sosialisasinya Ikan Bermasalah.

Dengan ketidakpuasan dari hasil audiensi dengan Dinas Perikanan Tim Jorelat akan melayangkan surat audiensi lanjutan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi.

Reporter : Reni

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!