Warga Desak Transparansi, Oknum Perangkat Desa Sukamenak Diduga Korupsi


JABARKU.CO.ID | SUMEDANG
Demo warga berlangsung di Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang. Mereka menuntut keadilan dan transparansi dalam pengambilan kebijakan oleh pemerintah desa.

Warga datang membawa surat pernyataan ketidakpercayaan yang ditandatangani oleh berbagai pihak, menentang kebijakan oknum perangkat desa berinisial AS, yang menjabat sebagai bidang keamanan. Hal ini disampaikan dengan jelas kepada awak media jabarku.co.id.

Warga meminta kepala desa untuk mengambil tindakan tegas dengan mengeluarkan Surat Peringatan (SP-1) jika terbukti adanya tindak pidana korupsi oleh oknum perangkat desa tersebut. Mereka mendesak kepala desa untuk mengeluarkan SP-1 terkait dugaan penyalahgunaan anggaran BLT/DD (Dana Desa) dan pajak desa, serta dugaan keterlibatan kepala desa Sukamenak dalam pelanggaran ini.

Pemdes Sukamenak segera menggelar rapat internal dengan kepala desa, BPD, dan perangkat lainnya, yang juga dihadiri oleh salah satu tokoh masyarakat.

Hasil rapat menunjukkan bahwa terduga pelaku, AS, mengakui kesalahannya dan bersedia mengembalikan uang sebesar Rp 11.000.000,00 (sebelas juta rupiah) sebagai bentuk pertanggungjawaban. Pengakuan ini dituangkan dalam surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai, di mana AS juga menyatakan kesiapannya untuk mengundurkan diri dan menghadapi tuntutan hukum jika pernyataannya terbukti tidak benar di kemudian hari.

Harapan masyarakat Sukamenak sangat jelas, agar pemerintah desa lebih profesional, transparan, dan adil dalam mengambil kebijakan.

Hendriawan.jbr

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!