YPKI Sosialisasikan Bahaya Kanker dan Tumor di Kodim 0607/Kota Sukabumi


JABARKU.CO.ID
Kegiatan di GOR Suryakencana, Sukaraja: Meningkatkan Kesadaran Tentang Kanker dan Tumor dengan Tema “Mengenali Faktor Risiko dan Gejala Dini”

Pada Rabu, 19 Juni 2024, di GOR Suryakencana Makodim 0607/Kota Sukabumi, Jalan RA Kosasih, Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, telah berlangsung sosialisasi penyakit kanker dan tumor yang diselenggarakan oleh Yayasan Pemerhati Kanker Indonesia (YPKI). Acara ini mengusung tema “Mengenali Faktor Risiko dan Gejala Dini Kanker dan Tumor” dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit ini.

Selaku Nara Sumber Ibu Afina Putri Amd.Keb. dari YPKI Bandung,  Dalam sosialisasi ini, Ibu Afina Putri Amd.Keb. dari YPKI Bandung menjelaskan kepada para peserta tentang bahaya tumor dan kanker. Beliau menyampaikan bahwa angka penderita kanker semakin meningkat, namun banyak masyarakat yang masih belum menyadari bahaya penyakit ini.

Penyebab dan Pencegahan Kanker dan Tumor

Ibu Afina menjelaskan bahwa kanker biasanya berasal dari tumor, yang bisa bersifat jinak atau ganas. Tumor jinak tidak mengganggu jaringan di sekitarnya, tetapi jika dibiarkan dapat berubah menjadi ganas. Kanker sering disebut sebagai “Silent Killer” karena tidak memandang usia atau jenis kelamin dan biasanya dipicu oleh faktor-faktor tertentu.

Beberapa pemicu kanker yang dijelaskan antara lain:

Makanan yang mengandung MSG dan pemanis buatan
Makanan yang dibakar
Sayuran yang mengandung formalin atau borak
Asap kendaraan, asap rokok, dan radiasi dari perangkat elektronik
Selain itu, faktor keturunan juga berperan dalam risiko kanker. Ibu Afina menekankan pentingnya mencegah kanker dengan pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur, dan menghindari makanan berbahaya serta karsinogenik.

Deteksi Dini dan Pencegahan

Ibu Afina juga membahas deteksi dini kanker, seperti tes VSI di rumah sakit untuk mendeteksi kanker prostat pada pria, dan pemeriksaan serviks tahunan untuk wanita yang diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan. Kanker rahim, ovarium, endometrium, dan serviks menjadi fokus perhatian khusus bagi wanita, sementara kanker payudara adalah pembunuh nomor satu bagi kaum wanita yang tidak menyusui setelah melahirkan.

Program YPKI untuk Masyarakat

Dalam kegiatan ini, YPKI juga memperkenalkan tiga program utama mereka:

Penyuluhan gratis tentang
pengobatan kanker gratis bagi masyarakat tidak mampu
Bantuan subsidi pengobatan, pencegahan, dan pemeriksaan kanker
Penutup

Kegiatan ini dihadiri oleh Letkol Inf Suntoro (Kasdim 0607/Kota Sukabumi), jajaran Danramil, pengurus dan perwakilan Persit Cab XVII, serta perwira staf Kodim 0607/Kota Sukabumi. Sosialisasi ini merupakan bentuk kepedulian YPKI terhadap masyarakat Indonesia untuk mengantisipasi pertumbuhan angka penderita kanker dan tumor di tanah air.

(Pendim 0607)

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!