Antusiasme Tinggi Siswa MA Cisaat Sukabumi dalam Kompetisi Sains Madrasah 2024


JABARKU.CO.ID | SUKABUMI
Senin (1/7), Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2024 digelar di seluruh Indonesia oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI, mengundang partisipasi dari satuan pendidikan madrasah dan sekolah. Di Kabupaten Sukabumi, kegiatan ini berlangsung per kecamatan, termasuk di Kecamatan Cisaat yang memilih MA Yasti Cisaat sebagai lokasi pusat.

Ketua KKMA Kecamatan Cisaat, Imas Sa’adiyah, menyatakan bahwa tahun ini KSM di Kecamatan Cisaat diikuti oleh 83 peserta dari tiga kecamatan sekitarnya. Tujuan KSM adalah membangun semangat kompetisi di kalangan siswa madrasah sambil mempertahankan nilai-nilai Islam dalam konteks ilmu pengetahuan.

“KSM tahun ini di Kabupaten Sukabumi menjadi seleksi tingkat kabupaten, dengan harapan pemenangnya akan mewakili daerah ini ke tingkat Provinsi Jawa Barat dan mungkin ke tingkat nasional,” ujarnya.

Kegiatan ini melombakan enam cabang mata pelajaran, termasuk Biologi, Kimia, Fisika untuk IPA, serta Geografi, Ekonomi, dan Matematika sosial sains terpadu untuk IPS. Lomba berlangsung sehari penuh dengan tiga sesi, dimulai pukul 07.00 WIB.

Menurut Yulan T. Legistia, panitia tilok MA Yasti Cisaat, KSM tahun ini mencatat variasi dengan kategori baru seperti beregu dalam mata pelajaran sosial sains terpadu. Setiap regu terdiri dari tiga siswa yang mewakili madrasah mereka masing-masing.

“Dengan dukungan langsung dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi dan Jfu Kelembagaan Kemenag Jawa Barat, pelaksanaan KSM di MA Yasti Cisaat berjalan lancar dan dipenuhi antusiasme dari seluruh peserta,” tambahnya.

Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya memperkaya wawasan ilmiah siswa, tetapi juga mempererat solidaritas antar-madrasah dalam mengembangkan potensi sains dan pengetahuan sosial di tingkat lokal.

(Dadan.jbr)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita
https://jabarku.co.id/ Pastikan kamu sudah ikutan link berita kami ya

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!