Desa Cibunar Jaya Bakal Jalankan Anggaran DD 2024, Warganya Sangat Antusias


Jabarku.co.id | Sukabumi – Program Dana Desa merupakan salah satu dari rencana besar pemerintahan Jokowi yang ketiga, “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Kesatuan Negara Republik Indonesia”.

Untuk memperkuat wilayah, pembangunan di desa dapat ditingkatkan dengan memberdayakan ekonomi lokal, memperbaiki akses transportasi lokal ke daerah-daerah yang berkembang, serta mempercepat pembangunan infrastruktur dasar. Semua ini bertujuan untuk membuat masyarakat lebih mandiri dan menciptakan desa yang mandiri dan berkelanjutan, dengan ketahanan sosial, ekonomi, dan lingkungan yang kuat, serta meningkatkan hubungan antara kegiatan ekonomi di kota dan di desa.

Indeks Desa Membangun (IDM) adalah cara untuk melihat seberapa mandiri suatu desa berdasarkan Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa dan Pendamping Desa. IDM membantu pemerintah membuat kebijakan yang lebih tepat sasaran dengan melihat partisipasi masyarakat dan karakteristik desa, seperti jenis desa dan hubungan sosial, serta kebutuhan infrastruktur seperti jalan.

Saat ini, Pemerintahan Desa Cibunar di Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akan segera mendapatkan Dana Desa tahap pertama untuk Tahun Anggaran 2024. Hal ini membuat warga Desa Cibunar Jaya sangat bahagia, karena Dana Desa ini akan digunakan untuk pembangunan sarana jalan dan infrastruktur lainnya.

Menurut Kepala Desa Cibunar, H. Acep, “Kami selalu bekerja sama dengan semua pihak untuk kepentingan masyarakat kita.” Dia juga menambahkan, “Program Dana Desa ini benar-benar membantu memperkuat pembangunan di Desa Cibunar.”

Wartawan Irma

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!