DESA DARMARAJA, KECAMATAN DARMARAJA, BERINOVASI MEMBANGUN SALURAN IRIGASI BARU MEWUJUDKAN KEMAJUAN MASYARAKAT


Jabarku.co.id – Prioritas Penggunaan Dana Desa untuk Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan. Desa Darmaraja, Kecamatan Darmaraja, tengah membangun saluran irigasi baru yang didanai oleh anggaran desa sebesar Rp 129.425.300. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memastikan akses air yang lebih baik untuk kebutuhan pertanian dan sehari-hari, mengurangi kesulitan yang dihadapi warga dalam mendapatkan air.

Prioritas Penggunaan Dana Desa diarahkan untuk mempercepat pencapaian tujuan SDGs Desa dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat desa. Beberapa fokus utama penggunaan dana desa meliputi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, pendirian dan pengembangan kapasitas pengelolaan BUMDesa/BUMDesa Bersama, pengembangan desa wisata, dan pengembangan usaha ekonomi produktif yang diutamakan dikelola BUMDesa/BUMDesa Bersama Sabtu 25 Mei 2024.

Selain itu, dana desa juga digunakan untuk peningkatan kualitas hidup manusia melalui perbaikan dan konsolidasi data desa, ketahanan pangan nabati dan hewani, pencegahan dan penurunan stunting, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia warga desa. Peningkatan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan dan pemberdayaan desa juga menjadi prioritas, termasuk perluasan akses layanan kesehatan, penyediaan listrik desa untuk mewujudkan desa berenergi bersih dan terbarukan, serta mitigasi dan penanganan bencana alam dan non-alam.

Anggaran desa untuk tahun 2024 juga mencakup operasional pemerintahan desa, tagging BLT Dana Desa untuk pengentasan kemiskinan ekstrem, dan fokus kebijakan penggunaan dana desa lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan mengenai perencanaan nasional dan alokasi TKD.

Kepala Desa Darmaraja berharap masyarakat dapat bersama-sama memelihara sarana dan prasarana yang ada, serta mengimbau warga untuk berkoordinasi dengan aparatur desa seperti RT dan RW agar segala sesuatu dapat terorganisir dengan baik.

Hendriawan_jbr

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!