Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Kritik Karena Pembangunan Jalan Usaha Tani Yang Diduga Kurang Sesuai


Jabarku.co.id – Kabupaten Sukabumi , 29 April 2024 – Pembangunan infrastruktur pertanian pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas sektor pertanian. Namun pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi tahun 2023 diduga tidak sesuai dengan harapan.

Pembangunan pengerasan jalan pertanian diharapkan dapat mempermudah transportasi dan aksesibilitas ke lahan pertanian. Namun, hasil pembangunan di lapangan tersebut mengecewakan. Salah satu contohnya adalah pembangunan JUT di kecamatan Cikidang, desa Cikiray, poktan Tegal Tega.

Kunjungan langsung ke lokasi pada tanggal 22 April 2024 mengungkapkan bahwa hasil pengerasan jalan usaha tani tersebut sudah dipenuhi oleh rumput pembohong. Pemasangan batu untuk pengerasan juga diduga tidak sesuai, dengan sebagian jalan sudah ada sebelum proyek dimulai dan hanya ditambahkan pinggirannya saja.

Arman, seorang aktivis di Sukabumi, memikirkan tindakan ini. Menurutnya, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi dan pengawas pertanian harus turun langsung untuk melihat hasil pembangunan JUT. Dugaan kuat bahwa banyak pembangunan JUT tidak sesuai dengan spesifikasi dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang tercatat di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) menjadi sorotan utama.

Konfirmasi kepada kabid yang membidangi proyek tersebut mengungkapkan bahwa plesteran, acian, topi, dan siaran seharusnya tidak termasuk dalam proyek tersebut. Pihak terkait mengakui kesalahan dalam input data, mengatakan bahwa yang diinputkan adalah copy-paste tanpa verifikasi yang tepat.

Diharapkan agar Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi meningkatkan profesionalisme dalam mengelola proyek dokumentasi, terutama yang bersifat informasi publik. Tindakan semacam ini akan membantu dalam memberikan informasi yang lebih akurat kepada masyarakat. (asep_jbr)

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!