Guru di Sukabumi Diduga Lakukan Kekerasan Terhadap Siswa SD


JABARKU.CO.ID | SUKABUMI

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memberikan perhatian khusus terhadap dugaan kasus kekerasan yang melibatkan seorang guru terhadap siswa kelas V di sebuah SDN di Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

“Kita harus menangani kejadian ini dengan bijak dan tidak bisa langsung menghakimi siapa yang benar atau salah. Tentunya ada penyebab di balik aksi kekerasan ini, sehingga harus dilihat dari kedua sisi,” ujar Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (/6), seperti dikutip dari Antara. Sabtu (01/06/2024).

Menurut Usep Wawan, perlu ditelaah lebih lanjut apakah kekerasan ini murni dilakukan oleh guru tersebut atau dipicu oleh perilaku siswa yang menjadi korban.

Ia menjelaskan bahwa tidak menutup kemungkinan kemarahan guru PJOK tersebut memuncak akibat perilaku siswa atau mungkin tindakan siswa tersebut sudah di luar batas etika.

Meski demikian, Usep menegaskan bahwa tindakan kekerasan oleh guru tersebut tidak dapat dibenarkan. Berdasarkan informasi yang diterimanya, guru tersebut diduga menjambak dan mencekik siswanya hingga leher siswa tersebut terluka dan mengeluarkan darah.

“Tindakan guru tersebut memang salah karena tidak seharusnya melakukan kekerasan terhadap muridnya, apalagi di lingkungan sekolah. Namun, kita juga harus adil dalam menyikapi permasalahan ini dan tidak serta-merta menyalahkan satu pihak saja,” kata Usep.

Usep berharap kasus ini tidak sampai masuk ke ranah hukum dan dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya evaluasi rutin terhadap kinerja tenaga pendidik di Kabupaten Sukabumi, yang harus dilakukan baik oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi maupun oleh sekolah tempat guru tersebut mengajar.

Reporter : Nenden

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!