Ibu CIOH, Rumah Janda Lansia di Desa Wangunjaya, Dalam Kondisi Memprihatinkan


Sukabumi – Jabarku.co.id – Kondisi rumah seorang janda lanjut usia, Ibu CIOH, yang berada di RT 04 RW 07 Desa Wangunjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi sangat memprihatinkan dan hampir roboh. Keadaan ini menjadi perhatian serius pada Kamis, 23 Mei 2024.

Kondisi tempat tinggal Ibu CIOH benar-benar ditolak. Rumah tersebut terlihat rapuh dan tidak layak huni, namun hingga kini belum mendapatkan bantuan yang memadai dari pemerintah Desa Wangunjaya. Hal ini menimbulkan berkumpul di kalangan warga setempat, mengingat Ibu CIOH merupakan janda lanjut usia yang hidup dalam kondisi serba kekurangan.

Warga setempat telah berulang kali mengajukan permohonan bantuan melalui program Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) kepada pemerintah desa. Namun, hingga saat ini, permohonan tersebut belum membuahkan hasil yang diharapkan. Bantuan yang diterima dari pemerintah desa pun sangat minim dan tidak mampu memperbaiki kondisi rumah Ibu CIOH yang hampir roboh.

Ibu CIOH sendiri tergolong sebagai warga yang tidak mampu. Untuk memperbaiki rumahnya yang nyaris roboh pun, dia tidak memiliki dana yang cukup. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Ibu CIOH bergantung pada anaknya yang bekerja sebagai kuli bangunan dengan penghasilan pas-pasan. Selain itu, dia juga menerima sedikit bantuan dari warga sekitar dan sanak saudara.

Dalam keterangannya, Ibu CIOH sangat berharap pemerintah dapat memberikan bantuan melalui program yang ada, mengingat kondisi rumahnya yang semakin parah. “Rumah kami sudah bocor di sana-sini dan hampir roboh. Saat hujan, atapnya bocor dan sangat tidak nyaman untuk ditempati,” ujar Ibu CIOH dengan nada harap.

Kondisi ini seharusnya menjadi perhatian serius bagi pihak yang berwenang. Pemerintah diharapkan bisa segera mengambil tindakan untuk membantu memperbaiki rumah Ibu CIOH agar layak huni dan aman. Program RUTILAHU yang ada seharusnya bisa menjangkau warga seperti Ibu CIOH yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Laporan ini disampaikan oleh Tim Jabarku, dengan harapan agar kondisi ini segera mendapatkan respon positif dari pemerintah dan masyarakat luas, demi kebaikan dan kesejahteraan warga yang membutuhkan. (bangvo_jbr)

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!