KEINDAHAN EKSOSTIS DAN KEMISTISAN DI CURUG SODONG SUKABUMI


JABARKU.CO.ID – SUKABUMI
Curug Sodong, salah satu air terjun di kawasan Geopark Ciletuh, menjadi destinasi favorit bagi wisatawan. Dengan puncak curug yang memiliki satu aliran sebelum jatuh ke undakan pertama, lalu terpecah menjadi dua aliran menuju kolam di bawahnya, keindahan Curug Sodong memang memikat hati siapa saja yang melihatnya.

Curug teratas dikenal sebagai Curug Cikanteh, curug kedua bernama Curug Ngelay, dan curug yang paling bawah disebut Curug Sodong. Nama “Sodong” sendiri berasal dari istilah Sunda yang berarti cekungan menyerupai gua di balik air terjun ini.

Air terjun ini juga dikenal dengan nama lain seperti Curug Kembar dan Curug Penganten, karena aliran airnya yang serupa, layaknya sepasang pengantin. Namun, selain pesonanya yang indah, Curug Sodong juga menyimpan cerita mistis yang menarik.

Mitos yang berkembang di masyarakat setempat menyebutkan bahwa Curug Sodong sering digunakan untuk mengetes ilmu kanuragan. Konon, seseorang yang ingin menguji ilmu tersebut harus memotong-motong bagian tubuhnya dan menghanyutkannya dari puncak air terjun. Menurut cerita, potongan-potongan tubuh itu akan bersatu kembali saat mencapai dasar air terjun, menandakan ilmu yang telah dipelajari telah sempurna.

Keeksotisan Curug Sodong menjadikannya destinasi yang selalu ramai dikunjungi, baik pada akhir pekan, libur panjang, maupun hari-hari biasa. Wisatawan datang untuk menikmati pemandangan alam yang masih asri, dengan pepohonan rindang dan aliran air yang deras, serta mengabadikan momen bermain air dan bersantai.

Terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Curug Sodong mudah diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dengan segala keindahan dan cerita yang menyelimutinya, Curug Sodong memang layak menjadi tujuan wisata Anda berikutnya.

(joko.jbr)

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!