Komunitas B333DIL Bersama TNI Polri Peduli Lingkungan di Pantai Cibutun Loji Sukabumi


Sukabumi – Jabarku.co.id

Komunitas Bedil Bersama TNI Polri Bersihkan Pantai di Cibutun Loji Sukabumi Jawa Barat, PERSOALAN  sampah di pantai cibutun loji sukabumi masih menjadi sorotan banyak pihak. Terutama para pemerhati lingkungan. Komunitas Bedil merupakan satu di antara sekian kelompok  peduli lingkungan  di Sukabumi yang kembali mengajak semua pihak untuk mengatasi permasalahan sampah di Cibutun Loji Sukabumi. Rabu (04/10/23).

Komunitas B333DIL Peduli Lingkungan di Pantai Cibutun Loji Sukabumi

Keindahan matahari terbit dari ufuk timur yang terasa hangat di Pantai Cibutun Loji, yang dulunya indah dan asri sekarang dipenuhi oleh tumpukan sampah di sepanjang pesisir pantai. Kedatangan sampah yang terjadi setiap hari terutama di musim panas ini terngiang-ngiang di pikiran JAYA WIRATA Ketua Umum Komunitas Bedil .

“Persoalan sampah yang menjadi manfaat masyarakat dan pengunjung pantai tidak hanya di Pantai Cibutun Loji Sukabumi. Itulah mengapa kami menginisiasi roadshow aksi lingkungan,” kata Jaya Wirata Ketua Umum Komunitas Bedil bersama Rosa Amelia yang biasa di sapa Bunda.

Komunitas Bedil bersih pantai itu pun pertama kali diadakan di pesisir Pantai Cibutun Loji Sukabumi. Rabu (04/10/23). Komunitas Bedil langsung menuju lokasi sampah yang berada di Pantai Cibutun Loji. Tak hanya masyarakat biasa TNI Polri ikut serta.

Jaya Wirata menerangkan, kebersihan laut sangat berdampak bagi kehidupan manusia. Hal ini mungkin tidak dirasakan langsung oleh masyarakat, namun lambat laun laut akan terasa. Baik jika dibiarkan penuh sampah, atau pun sebaliknya. Karena itu ia merasa laut sangat perlu dijaga. Gerakan-gerakan yang dilakukannya dinilai sebagai sebuah keindahan agar keindahan laut dapat terus dinikmati.

“Selain itu, kebersihan laut merupakan suatu panggilan bagi kami. Dan kami turun itu untuk memberikan contoh kepada masyarakat sekitar,” terangnya.

Persoalan sampah yang terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat kata. Jaya Wirata, karena tidak mudah untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan terutama laut. Tujuan utamanya adalah menjaga lingkungan. “Karena itu sebuah kewajiban, bukan pilihan,” tegasnya.

Ia menerangkan, wacana sampah di laut memang sudah terlalu banyak. Namun sejauh ini masih banyak orang yang belum mengetahui kondisi laut yang begitu parah sampai berdampak pada ikan dan terumbu karang.

Kembali ke Pantai Cibutun Loji Sukabumi, kegiatan yang dilaksankan dari pukul 10.00 WIB, sampai 16.00WIB, itu berjalan lancar, sampah yang berhasil dikumpulkan sangat banyak sekali. jika hari ini mereka berhasil menyelamatkan laut dari lima ton sampah, maka setidaknya ada kesadaran dari masyarakat sekitar untuk peduli pada laut.

Reporter Liputan : Reny Media Jabarku

 

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!