Larangan Pemindahan Makam Pasir Kuil, Imbauan dari Pemerintah Desa Balekambang.


Jabarku.co.id | Sukabumi – Kepala Desa Balekambang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi, Pemerintah Desa Balekambang, telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor : 100.2/653Pemdes/2024 yang berisi imbauan penting terkait larangan pemindahan makam di TPU Pasir Kuil.

Surat edaran ini diterbitkan mengingat betapa banyaknya masukan dan permintaan dari masyarakat mengenai transfer makam ke tempat pemakaman yang baru. Surat edaran yang ditandatangani oleh Kepala Desa Balekambang, Yudi Setiadi, menjelaskan beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh seluruh warga, khususnya para ahli waris yang memiliki makam di TPU Pasir Kuil.

Dalam surat edaran tersebut, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan :

Larangan Pemindahan Mandiri : Pemerintah Desa Balekambang mengimbau kepada seluruh ahli waris yang memiliki makam di TPU Pasir Kuil untuk tidak melakukan transfer makam secara mandiri. Tindakan transfer ini tidak hanya dapat menimbulkan permasalahan administrasi, tetapi juga dapat mengganggu transaksi dan peraturan yang berlaku.

Koordinasi dengan Pemerintah Desa: Bagi ahli waris yang sudah memindahkan makam secara mandiri, Pemerintah Desa meminta agar segera berkoordinasi dengan pihak yang berwenang di desa, yaitu Ketua RT, RW, dan Kepala Dusun. Mereka harus mencatat dan melaporkan pemindahan data tersebut kepada Panitia Pemindahan Pemakaman Pasir Kuil. Hal ini bertujuan untuk mencatat dan memastikan bahwa semua transfer dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar.

Menunggu Arahan Resmi: Ahli waris diharapkan bersabar dan menunggu Arah resmi dari Pemerintah Desa melalui Panitia Pemindahan Makam Pasir Kuil. Panitia ini akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai proses transfer makam yang sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Pemerintah Desa Balekambang sedang berupaya untuk menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan agar pengiriman makam dapat dilakukan dengan tertib dan teratur.

Tanggal Berlaku: Imbauan ini mulai berlaku efektif sejak tanggal 28 Mei 2024. Pemerintah Desa mengharapkan kerjasama dari seluruh masyarakat dalam mematuhi imbauan ini untuk kebaikan bersama.

Surat edaran ini juga dibagikan kepada beberapa pihak terkait, termasuk Ketua BPD Desa Balekambang, Bhabinkamtibmas Desa Balekambang, dan Babinsa Desa Balekambang, untuk memastikan bahwa informasi ini sampai ke seluruh lapisan masyarakat dan dapat dilaksanakan dengan baik.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Desa Balekambang, Yudi Setiadi, menyampaikan bahwa langkah ini diambil demi menjaga kelancaran dan kelancaran dalam proses transfer makam. “Kami mengerti bahwa ada banyak permintaan dari warga untuk memindahkan makam ke lokasi baru, namun kami harus memastikan bahwa proses ini dilakukan dengan benar dan sesuai prosedur. Oleh karena itu, kami mohon kepada seluruh warga untuk mengikuti imbauan ini dan berkoordinasi dengan pihak desa,” katanya.

Demikianlah isi dari surat edaran ini. Pemerintah Desa Balekambang berharap agar seluruh warga dapat memahami dan mematuhi imbauan ini demi kepentingan bersama. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Wartawan : Dadan

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!