“Pembohong Berkedok Ustaz, Korban Tipu-Tipu Kehilangan Rp 4,7 Miliar di Sukabumi”


JABARKU.CO.ID
Sebuah peristiwa pahit masih menghantui AS dari Sukabumi, Jawa Barat, lebih dari satu dekade yang lalu. Pria ini menjadi korban tipu-tipu yang dilakukan oleh seseorang berkedok ustaz dengan modus menarik uang secara gaib.

Kejadian ini terungkap dalam putusan Pengadilan Tinggi (PT) Bandung yang dirilis oleh detikJabar di laman resmi Mahkamah Agung (MA), Senin (10/6/2024). Untuk menjaga privasi para pelaku yang telah menjalani hukuman, jabarku.co.id memilih untuk menggunakan inisial.

Semua dimulai ketika IA dan R mengenalkan AS kepada ASM di sebuah hotel di Jakarta. ASM mengaku sebagai ustaz dan memulai aksi tipuannya dengan klaim bisa menarik uang melalui ilmu gaib.

Setelah selesai dengan ritualnya, ASM menunjukkan uang dalam sebuah tas dan kardus yang diklaimnya senilai USD 27 juta dan RM 14 juta kepada AS. Namun, ASM menetapkan syarat bahwa AS harus membayar Rp 600 juta untuk memenuhi persyaratan ritual tersebut.

Terkecoh dengan penampilan uang yang ditunjukkan, AS langsung memenuhi permintaan ASM. Mereka kembali ke Indonesia bersama-sama, di mana AS memberikan uang yang diminta kepada ASM.

Namun, setelah uang berpindah tangan, ASM dan gurunya, Eyang Wahidin, menghilang tanpa jejak. AS mengetahui bahwa dia telah dirugikan sekitar Rp 4,7 miliar dalam penipuan ini.

AS melaporkan kejadian ini ke polisi, dan setelah proses persidangan, ASM dijatuhi hukuman penjara selama 2 tahun oleh PT Bandung, setelah awalnya dijatuhi hukuman 3 tahun.

(hendriawan.jbr)

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!