Pesawat PK-IFP Jatuh di BSD Tangerang Selatan, 3 Penumpang Tewas, Ini Kronologinya


JABARKU.CO.ID | TANGERANG – Sebuah pesawat latih dari Indonesia Flying Club Pondok Cabe dengan kode PK-IFP mengalami kecelakaan di Lapangan Sunburst Cilenggang, BSD, Kota Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu siang (19/5/2024). Kecelakaan ini mengakibatkan tiga orang penumpang tewas di tempat.

Kronologi kejadian dimulai sekitar pukul 12.45 WIB saat hujan mengguyur wilayah Tangerang Selatan.

Pada pukul 13.15 WIB, pesawat PK-IFP yang sedang terbang tiba-tiba menabrak pohon, kemudian badan pesawat menghantam aspal Jalan Raya Cilenggang sebelum akhirnya jatuh di sisi lapangan Sunburst. Akibat benturan tersebut, pesawat hancur dan ketiga penumpang meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, menyatakan bahwa kontak terakhir dengan pesawat tersebut terjadi pada pukul 13.43 WIB. Pesawat tersebut sedang terbang dari Tanjung Lesung menuju Pondok Cabe.

“Kontak terakhir 06.43 UTC (13.43 WIB) dengan rute Tanjung Lesung-Pondok Cabe. Operatornya adalah Indonesia Flying Club,”. 

Seorang saksi mata bernama Angga melaporkan bahwa sebelum pesawat jatuh, terdengar suara ledakan keras.

Awalnya, Angga mengira suara tersebut berasal dari kecelakaan kendaraan, namun setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata sebuah pesawat jatuh dan hancur.

Ketiga korban telah dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk identifikasi dan penyelidikan lebih lanjut.

Proses Evakuasi Selesai Pukul 16.45 WIB
Kepala Basarnas Jakarta, Desiana Kartika Bahari, menyatakan bahwa tim Basarnas pertama kali tiba di lokasi pada pukul 14.45 WIB. Evakuasi ketiga korban selesai pada pukul 16.45 WIB. Desiana menambahkan bahwa kondisi jenazah ketiga korban masih utuh saat dievakuasi. “Ketiga tubuh korban masih utuh,” katanya.

Pihak berwenang sedang melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab pasti dari kecelakaan ini. (jbr.co.id)

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!