Sapi Kurban Lepas di Yogyakarta Masuk Kos-kosan hingga Terjatuh ke Jurang


JABARKU.CO.ID
Pada Senin, 17 Juni 2024, beberapa insiden sapi kurban yang terlepas terjadi di berbagai lokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kejadian ini menjadi viral di media sosial, menyebarkan kepanikan dan kegemparan di kalangan warga.

Di Jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman, seekor sapi putih besar yang hendak disembelih lepas dan memasuki kompleks kos-kosan mahasiswa. Sapi tersebut tampak kebingungan dan mondar-mandir di teras kos-kosan sebelum akhirnya diam.

“Ada sapi yang cari kamar kos, tapi semua sudah penuh,” ujar seorang warga yang merekam kejadian tersebut dengan nada bercanda.

Masih di Sleman, seekor sapi kurban terlepas dan masuk ke sebuah lapangan basket yang juga berfungsi sebagai kafe dan pusat kebugaran di Jalan Kayen Raya, Kayen, Condongcatur, Depok Sleman. Beruntung, warga berhasil menenangkan sapi tersebut dan membawanya keluar dari lapangan basket indoor itu.

Selain itu, seekor sapi kurban juga berlari di jalan besar di area ring road utara, depan Asrama Haji Sleman. Sapi tersebut awalnya berlari di jalur lambat namun kemudian melompati pembatas dan masuk ke jalur cepat, mengakibatkan lalu lintas terhenti hingga sapi berhasil ditangkap.

Di kawasan Pogung Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman, seekor sapi kurban terlepas dan menyeruduk kerumunan, melukai dua anak. Akibat kejadian tersebut, satu anak dilarikan ke rumah sakit karena tertendang di kepala oleh sapi tersebut.

“Sapi yang lepas itu berasal dari Dusun Plemburan, utara ring road, dan berlari ke area Pogung,” kata Hery Sasongko, Takmir Masjid Al Kariim Pogung Lor. “Satu anak mengalami lecet dan memar, sedangkan anak lainnya dibawa ke rumah sakit.”

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman juga melaporkan insiden serupa di Padukuhan Samberembe, Candibinangun, Pakem, Sleman, di mana seekor sapi kurban terlepas dan melukai tiga warga. Satu orang harus dibawa ke rumah sakit.

“Untuk menangkap sapi tersebut, lima personel TRC BPBD Sleman turun tangan membantu warga,” ujar Aris Cendol dari TRC BPBD Sleman.

Di Nglengkong, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, seekor sapi yang hendak disembelih terlepas dan jatuh ke jurang sedalam lima meter. Warga, dibantu petugas pemadam kebakaran, berhasil mengevakuasi sapi tersebut sebelum akhirnya disembelih.

Di media sosial, kejadian sapi lepas juga terlihat di beberapa kawasan lain, seperti Maguwoharjo Sleman, Sidoarum Godean Sleman, dan Masjid Al Irsyad Karanganyar Kota Yogyakarta.

Sementara itu, di Desa Dengok, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, seekor sapi batal dikurbankan karena mati akibat terjerat tali yang diikatkan ke sebuah pohon.

(tim.jbr)

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!