Wartawan Sukabumi Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran


Jabarku.co.id | Wartawan Sukabumi menggelar aksi demonstrasi menolak revisi Undang-Undang Penyiaran di halaman Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Para jurnalis menyatakan sikap melalui keterangan tertulis, menolak seluruh pasal bermasalah dalam revisi tersebut yang berpotensi membungkam kebebasan pers dan kebebasan berekspresi.

Dalam aksi tersebut, massa menolak pasal yang memberikan wewenang berlebihan kepada pemerintah untuk mengontrol konten penyiaran. Mereka berpendapat bahwa pasal ini dapat digunakan untuk menyensor dan menghalangi penyampaian informasi yang objektif dan kritis.

“Kami juga menolak pasal yang memperketat regulasi terhadap media independen. Hal ini dapat membatasi ruang gerak media dan mengurangi keberagaman dalam menyampaikan informasi kepada publik,” ujar salah satu peserta aksi.

Selain itu, massa juga menolak pasal yang mengatur sanksi berat untuk pelanggaran administratif. Menurut mereka, sanksi yang tidak proporsional ini mengancam kebebasan pers.

“Kami menuntut Dewan Perwakilan Rakyat dan pemerintah untuk segera melakukan revisi menyeluruh terhadap pasal-pasal bermasalah tersebut dengan melibatkan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk Dewan Pers, organisasi pers, dan masyarakat sipil,” jelasnya.

Reporter : Ginajar

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!