PT Amerta Indah Otsuka (AIO), Dukung Lomba Kampung Bersih dan Sehat Piala Kepala Desa Yang Bertema “Kampungku Bersih Keluargaku Sehat


SUKABUMI | Jabarku.co.id
PT Amerta Indah Otsuka (AIO), meluncurkan satu Program Otsuka Blue Planet bekerjasama dengan Pemdes Kutajaya serta Paguyuban Sehati dengan tema “Kampungku Bersih Keluargaku Sehat”.

Beberapa Staff beserta karyawan Pocari turun langsung ke lokasi kegiatan acara yang dilaksanakan di Kampung Benteng RT. 07/ RW. 04, Desa Kutajaya, Kec. Cicurug, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. Minggu (03/11/2023).

Kepala Desa Kutajaya H. Udin Suherman mengatakan, PT Amerta Indah Otsuka dan Pemdes Desa Kutajaya mengadakan lomba Piala Kepala Desa Kutajaya, dengan tema “Kampungku Bersih Keluargaku Sehat”.

Kami juga dari Pihak Pemdes mengucapkan banyak terima kasih yang sangat tinggi, mudah – mudahan hubungan antara masyarakat dengan PT Amerta Indah Otsuka degan kedepanya bisa salaing beerja sama.

Dengan kegiatan ini setiap halaman rumah, pinggir jalan, serta lingkungan di sekitar kita akan selalu bersih sehingga warga desa kutajaya dijauhkan  penyakit yang disebabkan lingkungan yang bersih,” ucap Udin.

Pemdes kutajaya menambahkan, akan selalu menjaga hubungan ini dengan baik dengan Pihak Perusahaan Otsuka, oleh karena itu kita harus menjaga hubungan baik ini dengan pihak perusahaan,” ujarnya.

“Untuk kegiatan acara hari  ini hanya diikuti oleh 2 ke RTan yaitu RT. 07/ 06, RW. 004 Desa Kutajaya, mudah – mudahan ke depan akan bertambah.”harapnya.

Dengan terselenggarannya acara  ini pihak perusahaan Amerta Indah Otsuka (AIO) akan menjadi motivasi untuk warga masyarakat yang berada Desa Kutajaya khususnya, salah satu contoh yang baik dan bagus, untuk kedepanya. Tambahnya

Sementara itu Ujang Supian Head Of HR dan Corporate Communications PT AIO menambahkan, program yang diinisiasi kerjasama dengan masyarakat Desa Kutajaya, posyandu Nangka 2 dan bank sampah sehati dalam program lomba kampung bersih dan sehat.

Dengan adanya Program ini, masyarakat menjadi tahu cara mengelola sampah yang berada disekitar rumah kita, agar bisa mengolah sampah organik dan anorganik, supaya masyarakat mengetahui dan bisa memanfaatkan sampah disekitar rumahnya sehingga program assembility itu terjadi artinya sampah akan semakin sedikit yang terbuang ke TPA,” jelas Ujang kepada Media Jabarku, Minggu (12/3/2023).

Lebih lanjut Ujang menambahkan, Ini akan membantu program pemerintah saat ini Pak Bupati juga sedang menggalakkan pengelolaan sampah dan kami rasa ini program yang sangat bagus dan perusahaan mendukung jadi sejalan juga dengan harapan dari masyarakat serta Pak Kades Kutajaya untuk bisa melaksanakan program ini, “imbuhnya.

Diakuinya, memang ini pialanya bergilir Pak Kades, ini juga mendapat dukungan dari Pak Kades terutama dari bank sehati dan Ketua RT.

 

“Program lomba kampung bersih sehati ini adalah bagian dari program bank sampah sehati dan program besarnya otsuka blue planet jadi kami mendorong dengan bekerja sama dengan para pihak yang ada untuk membangun perilaku bersih dan sehat dengan memilah sampah sendiri di rumah,” paparnya.

 

Karena pada umumnya program lainnya lebih banyak jangka pendek menyediakan peralatan dan sebagainya, tetapi membentuk perilaku ini adalah yang sangat bagus dan menyediakan yakin dengan peran serta masyarakat, bank sehat dan mendapat dukungan dari Puskesmas.

“Kami yakin berjalan sesuai harapan.
Harapannya ini sebagai pemicu bagi masyarakat untuk memulai hidup bersih dan sehat dengan memilah sampah dari rumah dan mengelolanya serta memanfaatkan sampah yang bernilai ekonomis sehingga kita bisa menurunkan sisa sampah yang dibuang ke TPA. Terutama membentuk perilaku itu yang menjadi tujuan utama kita,” tandasnya.

Ketua Paguyuban Sehati sekaligus sebagai panitia pelaksana Agus Bagal mengatakan, bahwa kegiatan lomba Kampung Bersih dan Sehat tahun 2023 ini merupakan kegiatan dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat yang diikuti oleh dua wilayah ke RT-an yaitu Kampung Benteng RT 07/04 dan Kampung Benteng RT 06/04, Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dari Pemerintah Desa Kutajaya, UPTD Puskesmas Cicurug, Posyandu serta sponsorship PT Amerta Indah Otsuka (PT AIO) kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar,” ujarnya

Selanjutnya, kegiatan lomba ini untuk memperebutkan piala Kepala Desa Kutajaya dengan beberapa kriteria penilaian yaitu pilah pilih sampah, untuk kebersihan lingkungan pekarangan serta penanaman konsep gotong royong di masyarakat.

“Lomba ini di ikuti oleh 26 grup dengan masing – masing grup berjumlah 5 sampai dengan 7 orang,” tandasnya.

“Permasalahan sampah saat ini sudah menjadi isu global, dan perlu penanganan serius oleh semua jajaran baik masyarakat maupun dunia usaha, Kami dan masyarakat sangat bersyukur mendapat dari dukungan dari PT Amerta Indah Otsuka dan Pemerintah Desa Kutajaya” katanya.

Berharap, penanganan sampah melalui kegiatan acara ini, agar menjadi kebiasaan masyarakat kampung benteng untuk kedepannya,” tutupnya.

Redaktur : Vo

Berita Terkait

Top
error: Content is protected !!